Cara Menulis Daftar Pustaka Dengan Benar

Cara menulis daftar pustaka sangatlah rumit dan penting, akan tetapi sebagian orang masih belum bisa membuat daftar pustaka dengan baik dan benar simaklah panduan berikut ini.

Cara menulis daftar pustaka merupakan sesuatu yang harus di lakukan dengan ketelitian, biasanya secara umum orang akan menganggapnya sepele, namun terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan dengan benar ketika anda menuliskan daftar pustaka seperti halnya penetapan tanda titik dan juga spasi dengan benar.

Penulisan daftar pustaka tentunya sudah tidak menjadi hal yang aneh lagi bagi para penulis ataupun mahasiswa yang menyusun tugas maupun skripsi di akhir masa perkuliahan, isi dari daftar pustaka biasanya mencakup secara keseluruhan sumber dari sebuah karya ilmiah maupun suatu tugas makalah yang di kerjakan.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Berbagai Sumber

Daftar pustka sangatlah penting, biasanya selalu berada pada halaman terakhir pada makalah ataupun buku. Dengan adanya daftar pustaka ini maka sebuah buku ataupun karya ilmiah yang anda susun menjadi lebih valid serta dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah. Oleh karena itu kami akan memaparkan mengenai langkah- langkah penyusunan daftar pustaka sebagai berikut :

  1. Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Buku

Ada perbedaan penyusunan dalam membuat daftar pustaka tergantung dari mana anda mengambil sumber informasi tersebut, untuk yang bersumber dari buku penulisan daftar pustaka di awali dengan nama belakang penulis, tahun di terbitkannya buku tersebut, judul buku dan yang terakhir adalah kota dimana buku tersebut di cetak serta nama penerbitnya.

  1. Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Koran

Terdapat sedikit perbedaan dalam penulisan daftar pustaka yang sumbernya dari Koran ataupun arikel, langkah pertama yang harus anda tulis adalah nama penulis koran tersebut secara terbalik, judul artikel dengan penggunaan huruf capital di setiap awal kata judul, kemudian anda harus mencantumkan nama Koran yang memuat berita tersebut dan di halaman berapa berita itu di muat.

  1. Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Jurnal

Untuk penulisan daftar pustaka yang bersumber dari jurnal ini sama dengan penulisan daftar pustaka yang bersumber dari makalah dan juga laporan, maka susunan penulisan adalah dengan mencantumkan nama penyusun secara terbalik dan juga tahun penerbitan jurnal tersebut. Tulislah tahun terbit dengan angka tidak di perkenankan menggunakan huruf, sertakan juga kapan jurnal tersebut di akses.

  1. Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Tesis

Jika anda sedang menyusun skripsi ataupun tesis pastilah akan mencari beberapa tesis maupun skripsi sebelumnya untuk membandingkan dengan hasil penelitian anda saat ini, skripsi ataupun tesis yang di gunakan tersebut harus di cantumkan di dala daftar pustaka caranya pertama nama penulis, tahun terbit, judul kemudian nama fakultas dan juga nama universitas dari skripsi yang di jadikan sebagai acuan dan yang terakhir adalah kota universitas tersebut berada.

  1. Cara Menulis daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Internet

Seperti yang kita ketahui sekarang ini segala macam informasi sudah tersedia di internet, maka tidak heran jika banyak siswa maupun mahasiswa yang ketika di suruh membuat makalah akan mencari data yang di ambil dari internet. Adapun cara untuk penulisannya di daftar pustaka sebagai berikut : nama penulis artikel tersebut, tahun di terbitkannya artikel, judul dan juga link artikel di cantumkan.

Cara menulis daftar pustaka harus di perhatikan dengan teliti, karena jika tidak akan membuat makalah atau skripsi anda menjadi tidak valid dan tidak dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah.

Tulisan ini dipublikasikan di karya ilmiah dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *